Cara Install Cisco IOSv di GNS3

Pada kesempatan kali ini, gw mau bikin tulisan tentang cara install IOSv di GNS3. Bagi kalian yang belum tau apa itu IOSv, coba cari tau dulu aja di internet ya, baru nanti setelah tau balik lagi ke tulisan ini untuk ikutin step-stepnya, hehehehe 😅 Oh, ya, buat jalanin IOSv di GNS3, gw nyaranin kalian harus udah ada GNS3 VM juga ya, jadi beban kerja laptop kalian ga terlalu berat juga.

Oke....daripada kebanyakan basi basa, langsung aja ikutin ye

Step 1
Buka GNS3 -> Menu Edit -> Preference
 
Step 1

 
Step 2
Qemu VMs -> New
Step 2
Step 3
Run this Qemu VM on the GNS3 VM -> Beri nama ( Bebas ) -> Jumlah Ram 
Step 3
Step 3
Step 3
Step 4
Pilih Telnet -> New Image -> Browse image IOSv - Klik Finish 
Step 4
Step 4
Step 4

Setelah kalian ikutin step-step diatas, seharusnya sekarang Cisco IOSv kalian sudah bisa dijalankan. Untuk verifikasi, kita bisa coba nyalakan switchnya ( Ditulisan ini gw pake Cisco iosv switch ya )......Buat yang bingung, biasanya letak Cisco IOSv yang kalian tambahin itu ada dikategori End device kek gambar dibawah ini...
End Device Category
Testing Cisco IOSvL2 yang telah di Install
Kalo diliat dari gambar diatas, kalian bisa liat kalo Cisco IOSvL2 yang kita install udah berhasil dijalankan....

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
CATATAN!!!
 
Oh, ya, gw ada beberapa catatan supaya qemu yang kalian install ini bisa berjalan dengan baik, yaitu dengan menambahkan ram pada qemu dan juga jumlah interface pada qemu, karena by default, penggunaan ram pada qemu ini hanya 256MB, sehingga jika kita menambahkan banyak interface, switch atau router akan mengalami error saat proses POST.

Menambahkan RAM
Menambahkan Interface
Selain itu, kalian juga tau kan kalau by default pas kalian install Qemu, lokasi Qemu kalian akan ada dikategori End Devices dan menggunakan Icon Qemu Guest. Kalian bisa rubah itu semua dengan cara dibawah ini.

Merubah Kategori
Merubah Icon
DONE!! Semuanya udah di install dan disetting dengan baik. Sekarang kalian udah bisa gunain qemu kalian dengan sansss haha...Yowes, segitu dulu tulisan gw yang tak pernah jelas ini yakkk....Semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat kalian yang baca tulisan ini...Monggo di share kalo menurut kalian tulisan ini bermanfaat 😀😀😀😀 Happy Labbing!!!

0 Response to "Cara Install Cisco IOSv di GNS3"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel