Apa itu DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) ?

DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol adalah protokol yang digunakan untuk manajemen pusat dalam mendistribusikan IP address didalam sebuah network dengan cepat dan otomatis.

Untuk mudah memahami DHCP, coba untuk sedikit familiar dengan singkatan/kata DORA, karena dengan begitu, kalian akan mudah untuk mengingat tiap proses yang berjalan pada DHCP. Dibawah ini gw akan jelasin arti singkatan dan cara kerjanya......Dengan bahasa manusia pastinya.
  • D : Discover : Discover terjadi ketika pertama komputer kita nyalakan, yang berfungsi untuk mencari tahu, apakah ada IP yang bisa kita gunakan.                 
  • O : Offer       : Offer terjadi ketika dhcp server mengirimkan pesan DHCP offer yang berisi IP yang bisa kita gunakan.
  • R : Request   : Request terjadi ketika kita sudah tahu bahwa ada IP yang bisa kita gunakan dan kita meminta izin ke dhcp server apakah IPnya boleh kita gunakan.     
  • A : Acknowledge : Acknowledge terjadi ketika DHCP mengirimkan sebuah unicast message ke client yang berisi informasi dari DHCP Server bahwa client telah memiliki IP yang telah ditawarkan.
Kalo kalian baca diatas, mungkin masih aga ngebingungin karena belom ada contoh realnya. Nah, dibawah ini gw akan coba jelasin (pakai bahasa manusia) cara kerja dari DHCP ini menggunakan contoh.... Hopefully mudah dipahamin yak....

Cara Kerja DHCP
Pada contoh diatas, kita memiliki komputer yang tidak ada IP Addressnya, kemudian ada juga DHCP Server yang sudah diberi IP 192.168.1.254. Pada DHCP Server, sudah ada pool yang dikonfigurasi dengan range ip address 192.168.1.1 - 192.168.1.20.
Ketika komputer kita nyalain, dia bakal langsung request ip address dengan cara melakukan broadcast DHCP Discover message.
Ketika DHCP Server liat DHCP Discover message, dia bakal langsung ngirim DHCP Offer message yang isinya IP Address yang bisa digunakan oleh si Computer yang tadi mengirim broadcast DHCP Discover.
Setelah Computer dapat DHCP Offer message, dia bakal langsung ngirim DHCP Request message ke DHCP Server yang fungsinya untuk menanyakan, apakah IP tersebut boleh digunakan atau tidak.
Yang terakhir adalah ketika DHCP Server menerima DHCP Request message, DHCP Server akan membalas pesan tersebut dengan DHCP ACK message, yang artinya computer tersebut diperbolehkan menggunakan IP tersebut.

Kurang lebih segitu dulu tulisan ga jelas gw dimalam ini wkwkwkkw......Kurang lebihnya mohon maaf yakkk...Monggo di share kalo kalian ngerasa tulisan ini bisa bermanfaat buat orang lain..... 😀

0 Response to "Apa itu DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel